Kegagalan hari Ini berarti pendorong,
Namun kejayaan semalam bukan berarti kemegahan oleh karena itu gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang di langit, dan rendahkanlah dirimu serendah rumput di bumi.

share yu...

Menambah, Mengurangi dan Membuat Partisi Baru Di Windows 7 Tanpa Software

Berdasarkan pengalaman yang sudah2, masih ada yang bingung bagaimana sih bikin partisi baru di windows 7?? tp, tanpa software/tools eksternal. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Waktu itu saya pengen semua file2 di notebook Acer Aspire saya tertata dengan rapi. Jadi, saya berniat membuat partisi baru.
Sebelum kita mulai, mungkin ada yg belum tau apa itu partisi. Partisi adalah pembagian secara logis, namun secara fisik tidak terbagi. Dengan partisi hard disk, kita bisa menginstal lebih dari dua sistem operasi dalam sebuah komputer. Partisi dilakukan untuk dapat memudahkan saat melakukan perbaikan. Misalkan ada salah satu partisi yang rusak, maka kita hanya perlu memperbaiki partisi tersebut, karena partisi yang lain tidak
terpengaruhi. Partisi juga dapat mempercepat akses ke hard disk. Partisi merupakan hal yang esensial dalam Linux. Minimal, Linux hanya memerlukan dua partisi yaitu /swap untuk menyimpan memori virtual dan /root. Namun, ada yang menambahkan satu partisi lagi yang dianggap esensial juga yaitu /home untuk menyimpan semua berkas yang kita buat. Berdasarkan ada atau tidak adanya sistem berkas yang terlibat dalam partisi, partisi ada dua macam, yaitu raw partition di mana partisi ini tidak memiliki sistem berkas di dalamnya, dan cooked partition yang memiliki sifat sebaliknya.
Okey..kita langsung mempraktekkan dengan mengikuti langkah2 sebagai berikut :
1. Komputer/nootbook/laptop (HP tidak direkomendasikan):-)
2. Klik kanan Pada ikon komputer yg ada di dekstop dan pilih manage
3. Double klik pada disk management
4. Nah, kalo dah nyampe sini, siap2 dech bikin partisi baru dengan mengurangi kapasitas salah satu disk yg sobat anggep ke-gede-an. 7an-nya agar ada space disk yg nantinya akan sobat gunakan untuk membuat partisi baru.
5. Klik kanan pada hard disk yang akan di kurangi kapasitasnya dan pilih shrink volume (mengurangi kapasitas hard disk)
6. Akan muncul jendela dialog seperti berikut
7. Tentukan kapasitas yg akan dikurangi (dalam MB) dan pilih shrink
8. Setelah semua’a selesai lihat bahwa ada 1 drive yang “Unallocated“. itu brarti sudah ada drive yg siap dijadikan sebagai partisi baru.
9. Klik kanan pada drive unallocated tersebut
10. Pilih new simple volume
Dan selanjutnya tekan next hingga selesai. Selamat mencoba dan jangan pernah takut salah !!!!

 sumber: cemimfanshani.wordpress.com

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kiri kanan home