Kegagalan hari Ini berarti pendorong,
Namun kejayaan semalam bukan berarti kemegahan oleh karena itu gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang di langit, dan rendahkanlah dirimu serendah rumput di bumi.

share yu...

PT Gama, Antara Kerusakan dan Kesejahteraan Warga Bayah

  Bayah, Investasi adalah sesuatu alat untuk membangun, apalagi penanaman modal yang memang seharusnya menjadi kesejahteraan masyarakat sekitar industri tersebut. Terkait PT Semen Merah Putih yang bermitra dengan PT Gama masih menjadi pro kontra dengan masing-masing kepentingannya, sisi positif ada ekonomi masyarakat yang terbantu dan negatif jalanan infrastruktur menjadi rusak.

Investor pabrik semen yang akan membangun usaha di Kabupaten Lebak, Banten, disebut-sebut bakal menyerap ribuan karyawan atau tenaga kerja lokal, hal ini dikatakan Kepala Seksi Bidang Penanaman Modal Bappeda Kabupaten Lebak Agianto Ahmad Tahir beberapa waktu lalu.         Banyaknya tenaga kerja yang terserap dalam pabrik tersebut  dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.         "Selama dua tahun ke depan 2013-2014 diperkirakan lima pabrik semen akan beroperasi di Lebak," tegasnya.

Menurut dia, investor yang akan membangun pabrik semen tersebut bernilai investasi puluhan triliun rupiah berlokasi di Kecamatan Bayah dan Cilograng karena di daerah itu memiliki bahan-bahan tambang semen.

Produksi semen mulai beroperasi 2013, sebanyak dua pabrik antara lain investor perusahaan PT Gama Group dan PT Balindo. Sementara, tiga investor lainya akan membangun pabrik semen yang beroperasi pada akhir tahun 2014.
 
Pro kontra keberadaan PT Cemindo Gemilang Semen Merah Putih dan PT Gama  yang dimiliki oleh Martua Sitorus salah satu orang terkaya di Indonesia disikapi secara jernih untuk kemaslahatan warga.

Salah satu tokoh pemuda Bayah, Dadan menyebutkan kalau banyak hal yang psotif dan negatif."Positif karena perusahaan banyak memberi bantuan, namun negatifnya banyak jalanan rusak masih belum diperbaiki,"ucapnya saat dihubungi beritabanten.co, Senin 22 September 2014.

Kerusakan lingkungan menjadi isu yang hangat karena banyak kepentingan ekonomi untuk warga dan politis bagi pengambil kebijakan di Provinsi Banten. PT Gama diindikasikan kuat sudah melakukan pengrusakan lingkungan di wilayah Lebak bagian selatan. Jika pengrusakan lingkungan itu dibiarkan berlarut-larut, maka kerusakan alam akan semakin parah. Imbas dari pengrusakan lingkungan oleh PT Gama, bisa dirasakan warga Desa Damarsari, Kecamatan Bayah.

Pengelolaan dana CSR dari perusahaan untuk warga setempat juga seharusnya dikelola secara akuntable dan condong ke arah prioritas seperti jalan, pendidkan, kesehatan dan kesejahteraan warga Bayah."Jadi kita tak perlu ribut atau memikirkan kepentingan sendiri, yang jelas harus transparan dan jangan mau diadu domba oleh kepentingan-kepentingan yang bukan untuk warga,"kata Eka Suryana warga Bayah.

Dalam lima tahun kedepan sendiri Bayah akan menjadi kota satelit jika tol lingkar selatan terwujud dan terintegrasi dengan wilayah-wilayah kota baik Jawa Barat maupun Banten.

BERITABANTEN.CO

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kiri kanan home