Kegagalan hari Ini berarti pendorong,
Namun kejayaan semalam bukan berarti kemegahan oleh karena itu gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang di langit, dan rendahkanlah dirimu serendah rumput di bumi.

share yu...

LISTRIK DAN MAGNET MESIN FOTOCOPY

LISTRIK DAN MAGNET
MESIN FOTOCOPY
MAKALAH
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Listrik dan Magnet dengan dosen Asep Saefullah, S.Pd., M.Si

 

Disusun oleh:
Kelompok 4
Asri Indah Permatasari (2281141941)
Amalia Dwi Handayani (2281142180)
Dika Gumbira                (2281142189)
Irania Istiqomah             (2281142594)
Nofita Fajariyanti           (2281142393)
Siti Rositoh                   (2281142418)
Yoga Parenta                 (2281142261)




JURUSAN PENDIDIKAN IPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
SERANG BANTEN
2016




Kata Pengantar

Puji syukur penulis sampaikan ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala karena limpahan rahmat dan karunia-Nya telah mengantarkan penulis pada penyelesaian sebuah makalah berjudul Mesin Fotocopy.” Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Listrik dan Magnet dengan dosen bapak Asep Saefullah, S.Pd., M.Si.
Penyusunan makalah ini tidak dapat terselesaikan jika tidak ada bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih atas bantuan dan partisipasinya dalam penyusunan makalah ini terutama atas ridha Allah subhanallahu Wata’ala, kepada bapak asep selaku dosen pengampu mata kuliah yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah, serta seluruh teman-teman Jurusan Pendidikan IPA.
Selama penyusunan makalah ini tidak sedikit hambatan yang penulis alami. Namun, berkat bantuan dan dukungan berbagai pihak, hambatan tersebut dapat teratasi dengan baik.
Sebagaimana upaya peningkatan kualitas yang tidak akan pernah selesai, maka penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran dari Ibu Dosen serta teman-teman mahasiswa yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Mudah-mudahan dengan adanya makalah ini dapat menambah wawasan serta meningkatkan kualitas keilmuan kita dan hasilnya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

                                     Serang, 19 November 2016


   Penulis







DAFTAR ISI
COVER ............................................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.................................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................................. iii
BAB I             PENDAHULUAN................................................................................... 1
1.1    Latar Belakang.................................................................................... 1
1.2    Rumusan Masalah............................................................................... 1
1.3    Tujuan ................................................................................................ 2
BAB II           ISI.............................................................................................................. 3
2.1    Sejarah dan Pengertian Mesin Fotocopy............................................ 3
2.2    Bagian-bagian Mesin Fotocopy dan Fungsinya.................................. 5
2.3    Prinsip dan cara kerja Mesin Fotocopy............................................... 9
2.4    Penggunaan Mesin Fotocopy............................................................ 11
2.5    Masalah Saat Menggunakan Mesin Fotocopy.................................. 12
2.6    Perawatan Mesin Fotocopy.............................................................. 14
BAB III          PENUTUP............................................................................................   17
3.1  Simpulan .........................................................................................   17
3.2  Saran................................................................................................   18
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................   19











BAB I
PENDAHULUAN
    A.    Latar Belakang
Di era globalisasi , perkembangan teknologi semakin pesat, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan Sumber Daya Manusia ( SDM ). Salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat adalah Mesin cetak. Mesin Pengganda merupakan salah satu contoh dari mesin cetak. Mesin pengganda secara garis besar dibedakan menjadi dua macam, yaitu mesin stensil dan mesin fotokopi. Mesin stensil terbagi menjadi dua macam yaitu mesin stensil manual (mesin yang digerakkan dengan tangan manusia) dan mesin stensil listrik (mesin yang digerakkan dengan arus listrik). Mesin fotokopi merupakan alat yang digunakan untuk membuat salinan atau tiruan sebuah dokumen di atas kertas dengan proses penyinaran.
 Secara objektif prinsip kerja pada mesin fotokopi merupakan pemanfaatan listrik statis yaitu pemanfaatan adanya muatan listrik yang berbeda yang menyebabkan gaya tarik menarik . Di dalam mesin fotokopi terdapat plat logam yang dilapisi zat selenium yang merupakan sumber muatan positif. sedangkan sumber muatan negatif yang akan ditarik oleh muatan positif terdapat pada toner (tinta). Pada saat kertas putih bergerak dalam mesin fotokopi, selenium akan menarik toner sehingga toner mencitrakan (menimbulkan) gambar atau tulisan pada kertas.
Semakin berkembangnya mesin pengganda, terutama piranti fotokopi, maka kita perlu mengetahui prinsip kerja piranti fotokopi termasuk keterkaitannya dengan aplikasi dan teori – teori fisika yang telah kita pelajari. Pengetahuan yang mendalam mengenai prinsip kerja dan teori fisika, akan lebih memudahkan kita dalam mempelajari piranti fotokopi tersebut
    B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud mesin foto copy?
2.      Apa sejarah mesin foto copy?
3.      Apa sajakah bagian-bagian mesin foto copy?
4.      Apa fungsi mesin foto copy?
5.      Bagaimana cara penggunaan mesin foto copy?
6.      Bagaimana prinsip kerja mesin foto copy?
7.      Apa akibat kesalahan atau kerusakan ada mesin foto copy?
8.      Text Box: 1Bagaimana cara perawatan mesin foto copy?
    C.    Text Box: 2Tujuan
1.      Menjelaskan pengertian mesin foto copy.
2.      Menjelaskan sejarah mesin foto copy.
3.      Menyebutkan bagian-bagian mesin foto copy.
4.      Menjeaskan fungsi mesin foto copy.
5.      Menjelaskan cara penggunaan mesin foto copy.
6.      Menjelaskan prinsip kerja foto copy.
7.      Menjelaskan akibat kesalahan atau kerusakan ada mesin foto copy.
8.      Menjelaskan cara perawatan mesin foto copy.
















BAB II
ISI

Description: Sejarah Mesin Fotokopi
Sejarah penemuan mesin fotokopi dan seperti sejarah penemu lainnya, sejarah  mesin fotokopi juga berawal dengan penelitian yang panjang. Seorang penemu sistem Xerography, Chester Carlson adalah seorang yang bekerja penyalin dokumen pada perusahaan analis paten. Kemudian lahirlah ide untuk mempercepat kerjaannya sebagai penyalin dokumen, maka ia pun mulai berpikir untuk menciptakan sebuah alat yang dapat menyalin sebuah dokumen secara berulang.
Demi mewujudkan idenya tersebut, mulailah ia menggali informasi dan referensi mengenai mesin cetak. Disela sela pekerjannya ia mulai mengkaji dan menganalisa teknik dalam mencetak dokumen dan akhirnya ia menemukan konsep atau teknik elektrofotography yang kita kenal dengan nama mesin fotokopi.
Di tahun 1938, Chester Carlson bereksperimen yang memanfaatkan bubuk jelaga (karbon), setelah disinari cahaya dan akhirnya dapat memindahkan suatu tulisan atau text pada kertas. (Disini saya tidak menulis secara detail mengenai proses tersebut, karena sangat teknikal)
Text Box: 3Carlson pun memanfaatkan konsep yang disebut photo-conductivity, yaitu sebuah proses berubahnya elektron (misalnya tegangan positif akan menjadi netral) apabila disinari (terkena sinar). Pada dasarnya sama dengan proses photo-conductivity pada proses cetak foto, gambar atau image di duplikat melalui proses perubahan tegangan elektron tersebut namun tidak mengguakan cairan.
Text Box: 4Beberapa  literatur menyebutkan Chester Carlson menciptakan proses fotokopi  dengan memanfaatkan energi elektrostatik, yaitu ‘Xerography Proccess’. Xerography tersebut berasal dari bahasa Yunani, yaitu xeros yang berarti ‘kering’ dan graphos yang berarti ‘menulis’.
Proses xerography, tidak menggunakan tinta atau cairan kimia, seperti pada mesin-mesin sebelumnya yang mengguakan tinta cair. Dengan teknik ini, Chester Carlson mengubah proses penyalin atau penulis ulang yang tadinya menggunakan tinta cair menjadi tinta serbuk (Toner) dan hingga sekarang mesin tersebut bernama fotokopi, dan dipatenkan pada tanggal 6 Oktober 1942.
Secara singkat proses mesin fotokopi ada 6 proses :
1.      Charging : Menyinari permukaan drum dengan menggunakan sinar (Corona) yang bertegangan tinggi sekitar 25 ribu sampai 30 ribu volt DC.
2.      Exposing : Proses scan dokumen dan hasil scan tersebut direfleksikan ke permukaan drum yang sudah disinari dalam proses charging dan terbentuklah laten image.
3.      Developing : Setelah terbentuk laten image (tidak bisa dilihat oleh mata), maka proses selanjutnya adalah developing. Dalam proses ini tinta kering (toner) ditaburi ke permukaan laten image tadi, jadi terbentuklah image(bisa dilihat oleh mata).
4.      Transfering : Proses selanjutnya adalah proses mentransfer image dari permukaan drum ke kertas, proses ini disebut Transfering.
5.      Fusing : Memanggang sambil mengepres image yang sudah di transfer ke kertas, sehingga hasil copian tidak luntur.
6.      Cleaning : Proses pembersihan permukaan drum dan penetralisir tegangan elektrostatik untuk proses copy berikutnya.
Bertahun-tahun, Carlson menyempurnakan penemuannya tersebut. Walaupun teknik atau konsep ini sangatlah banyak manfaatnya, namun beberapa perusahaan besar menganggap penemuan tersebut tidak menjanjikan.  Bermacam perusahaan besar, seperti Kodak, IBM dan bahkan General Electric, tidak tertarik bahkan menolah hasil penemuan Carlson. Setelah melalui perjuangan yang panjang akhirnya Carlson  mendapatkan partner atau mitra bisnis yaitu Batelle Memorial Institute dan memberikan modal usaha dalam pengembangannya.
Text Box: 5Dalam perjalannya , Haloid Corporation berhasil diyakinkan oleh Carlson dan Batelle Memorial Institute, Haloid Corporation adalah perusahaan kelas menengah dalam penjualan kertas foto dan Haloid Corporation menjadi mitra dan ikut mengembangkan dari penemuan Carlson tersebut.
Description: Ricoh MP C6000
Hingga saat ini mesin fotokopi-pun sudah digital, yang bisa di integrasikan sebagai printer, scan, dan faximile. Bahkan sekarang mesin fotokopi warna sudah banyak digunakan orang dan harganya mulai murah. Maka sangat berterima kasihlah ke Chester Carlson atas hasil penemuannya yaitu mesin fotokopi.
2.2              Bagian-bagian Mesin Fotocopy dan Fungsinya
Mesin fotocopy memiliki bagian-bagian penyusunya sehingga dapat bekerja dengan baik yaitu menggandakan. Setiap mesin fotocopy apapun mereknya pasti memiliki komponen-komponen yang disertai fungsinya. Mengenali dan memahami komponen-komponen ini sangat penting karena apabila mengalami kerusakan kita dapat memperbaiki kerusakan pada mesin fotocopy. Komponen-komponen mesin fotocopy dan fungsinya yaitu :
1.      Text Box: 6ADF (Automatic Document Feeder)
Bagian ini terdapat di atas mesin fotocopy, kegunaan ADF ini adalah selain untuk penutup fotocopy, benda ini juga bisa untuk mengkopy kertas secara otomatis, sehingga tidak perlu mengcopy berkas satu-persatu.
2.      Lampu Scaner
Komponen ini terletak pada bagian atas kaca, dimana fungsinya untuk melakukan  scan berkas atau memindahkan berkasa yang tengah disalin. Saat lampu scanner tersebut menyala, sebaiknya tidak dilihat sebab dapat mengakibatkan kerusakan pada mata. Hal ini dikarenakan sinar pada lampu scanner sendiri tergolong sinar ultraviolet, sebagai sinar yang berbahara untuk kesehatan mata.
3.      Korona Bawah dan Korona Atas
Korona bawah dan korona atas ini merupakan bagian penting dalam mesin fotocopy. Walaupun namanaya sama, tapi funsi dari kedua komponen in jauh berbeda. Korona bawah terletak pada unit pemanas dan berfungsi untuk mengatur keseimbangan jalannya kertas ketika melewati area drum, disarankan  korona bawah ini secara rutin untuk dibersihkan, banyak yang menyarankan dibersihkan setiap hari apabila mesin tersebut sering digunakan agar hasil fotocopy kualitasnya baik. Sedangkan korona atas lokasinya ada dibagianunit drum, fungsinya adalah untuk memberikan keseimbangan drum ketika drum menyalin gambar. Pada korona atas juga disarankan seperti diperlakukan korona bawah.
4.      Kaset Kertas / Baki Kertas
Komponen ini terletak dibagian bawah fotocopy, merupakan papan kertas untuk mendapatkan penggandaan (salinan). Setiap baki memuat 250-500 lembar kertas dengan ukuran masing-masing baki, seperti : A4, A3, B4 dan B5komponen ini berfungsi untuk menampung ketas yang akan difotocopy, sebaiknya ketika akan mengisi kertas, disarankan pelan-pelan dalam mengisinya karena bagian ini mudah patah.
5.      Stack Bypass
Lokasinya dibagian bawah fotocopy, bagian ini berfungsi untuk jalur cepat dalam pengcopyan.
6.      Developing
Bagian ini berfungsi untuk menampung toner atau tinta yang akan masuk pada area drum. Hati-hatilah ketika memasukkan komponen ini, karena lokasinya berdampingan dengan drum, maksudnya agar tidak kontak fisik dengan drum, disarankan ketika memasukkan harus sejajar, tidak boleh miring.
7.      Text Box: 7Drum
Drum fungsinya adalah untuk mencetak gambar yang dihasilkan dari fotocopy berkas utama. Keberadaan drum ini sangat penting, hal ini dikarenakan drum merupakan jantung utama dari mesin fotocopy sehingga harganya pun sangat mahal yaitu sekitar 6-8 juta per unit. Drum yang rusak bisa membuat hasil fotocopyan tidak maksimal bahkan mesin tidak bisa digunakan.
8.      Power Suplly
Komponen dari mesin fotocopy ini juga termasuk penting. Hal ini dikarenakan power suplly merupakan pemasok energi utama pada mesin. Tanpa power suplly mesin fotocopy tidak akan bisa digunakan.
9.      Regist dan Songe Roll
Regist dan sponge roll merupakan komponen penting dalam mesin fotocopy. Fungsi utama dari regist yaitu untuk pendaftaran kertas ketika akan masuk kearea drum. Sponge roll terdapat pada penarik kertas fungsinya adalah menarik kertas dari baki kertas untuk dibawa menuju drum dimana hasil fotocopyan akan dicetak dan sebagai bantalan kertas agar tidak dobel saat ditarik. Jika komponen ini rusak maka kertas bisa terjepit bahkan tidak bisa ditarik menuju drum.
10.  Pemanas atau Heater
Letak pemanas atau heater ada di bagian unit satu, fungsi dari pemanas atau heater adalah untuk mempres hasil fotocopy agar hasil yang didapat tidak luntur. Hati-hati dengan pemanasan atau heater ini karena terdapat upper roll dan lower roll yang suhunya sangat panad, jika disentuh dengan lengan maka lengan dapat cedera.
11.  Cleaning Blade
Terletak dibagian unit drum, fungsi dari cleaning blade adalah untuk membersihkan sisa-sisa toner atau tinta yang menempel dipermukaan drum. Jika cleaning blade ini sudah bocor maka hasil fotocopy akan mengalami bergaris hitam yang panjang.
12.  Laser
Laser memiliki fungsi yaitu untuk memproses gambar yang kemudian diteruskan ke drum untuk pencetakan.

13.  Text Box: 8Duplek atau Unit 2
Memiliki fungsi untuk bolak-balik kertas dan pengurutan kertas. Lokasi duplek ini biasanya ada dibagian bawah pemanas atau unit 1.
14.  Sensor Developing
Sensor developing berfungsi untuk mendeteksi adanya adanya tinta atau toner pada developing, jika sensor ini mengalami kerusakan, maka mesin fotocopy akan memunculkan kode error atau kesalalahan.
15.   Claw atau Kuku
Letaknya ada dibagian unit pemanas, tepatnya diantara lower roll dan upper roll.
16.  Termistor
Termistor berfungsi untuk mengukur suhu panasnya mesin fotocopy. Lokasi spare part ini di pemanas atau heater.
17.  Hardisk
Hardisk  memiliki fungsi untuk menyimpan data atau sistem pada mesin fotocopy, mesin fotocopy sekarng ini sudah terdapat hardisk untuk menyimpan data.
18.  Mainboard
Komponen ini berfungsi untuk mengontrol kinerja  DC control mesin fotocopy. Harga mainboard ini cukup mahal jika terjdi kerusakan.
19.  Kaca tempat asli (original glass)
Berfungsi untuk meletakan lembar asli, pada bagian tepi kanan terdapat skala yang berpangkal pada titik tengah. Skala ini berfungsi untuk lembaran asli agar dapat pada posisi tengah.
20.  Papan Hasil Penggandaan (Copy Tray)
Berfungsi sebagai tempat hasil penggandaan.
21.  Papan kertas untuk oprasi manual
Berfungsi untuk oprasi manual atau memasukan kertas copy satu per satu
22.  Tutup asli ( original cover, original holder, platen cover)
Berfungsi untuk menutup atau memegang lembaran asli yang akan dicopy.
23.  Tombol on-off ( on-off switch,  power switch )
Berfungsi untuk menghidupkan danmematikan mesin.
24.  CCD dan DC Control
CCD berfungsi untuk memfoto objek atau naskah sedangkan DC Control berfungsi untuk mengontrol semua arus bermuatan DC
25.  Text Box: 9Primary dan Transfer
26.  Primary memiliki fungsi memberi muatan listrik ke drum dan Transfer
Berfungsi untuk menarik tinta dari drum agar menempel di kertas
27.  HVT dan IH / Indoction Heater
HVT berfungsi memberi muatan arus ke primary dan transfer dan IH / Indoction Heater berfungsi untuk memberi muatan arus ke elemen pemanas.
Description: D:\Data kuliah S-5\magnet listrik\bahan makalah\laser-printer-path1.jpgDescription: D:\Data kuliah S-5\magnet listrik\bahan makalah\mesin fc.JPG





2.3              Prinsip dan Cara kerja Mesin Fotocopy
Prinsip dasar semua mesin fotocopy adalah xerografi. mesin fotocopy menggunakan cahaya, drum dan toner untuk melakukan penyalinan ketiga komponen  ini adalah komponen utama pada semua mesin  fotocopy. untuk melakukan penyalinan kertas yang ditaruh pada kaca mesin akan disinari, sinar ini akan ditangkap dan dipantulkan oleh lensa ke arah drum. drum memiliki muatan negatif sehingga serbuk toner yang berbahan dasar serbuk besi halus akan menempel pada toner. drum yang terkena sinar pantulan oleh lensa akan kehilangan muatan negatif sehingga serbuk toner tidak akan menempel, sedangkan untuk bagian yang tidak terkena sinar (terbayang) seperti tulisan atau gambar akan tetap memiliki muatan negatif.
Dengan begitu serbuk toner akan menempel mengikuti bayangan dari dokumen asli. setelah drum selesai menempelkan semua serbuk toner yang dibutuhkan untuk mencetak, kini saatnya kertas salinan masuk lewat tray sheet ke bagian bawah drum. drum berputar kebawah sejajar dengan permukaan kertas salinan. alas tempat kertas salinan memiliki daya tarik magnet yang jauh lebih kuat dari drum mesin sehingga semua serbuk toner jatuh dan menempel pada kertas, langkah terakhir adalah memanaskan sambil mem-press serbuk toner pada kertas agar menempel dengan kuat dan tidak lentur itulah alasannya kenapa kertas hasil fotocopy terasa panas.
Text Box: 10Description: http://mesinfotocopy.biz/wp-content/uploads/2012/12/skema-dasar-fotocopy.jpg 
Secara sederhana cara kerjanya dapat dibagi menjadi beberapa tahapan :
1.      Pre-xposure adalah penyinaran pertama dari mesin
2.      Primary charging adalah mengalirkan aliran listrik pada drum sehingga membuatnya bermuatan negatif untuk menarik toner
3.      Laser-xposure adalah penyinaran dengan laser, untuk mendapatkan kualitas bayangan yang lebih jelas, pada tahap ini bayangan dokumen asli di tangkap dan di pantulkan oleh lensa
4.      Development adalah tahapan dimana serbuk toner mulai diisi dan ditempelkan ke drum mengikuti bayangan pantulan.
5.      Transfer adalah tahapan dimana kertas disiapkan.
6.      Separation adalah saat serbuk toner yang menempel di drum memisahkan diri dan menempel pada kertas karena tarikan magnet yang kuat dari alas kertas.
7.      Fixing adalah tahap memanaskan dan mempress toner pada kertas agar menempel dengan kuat.
8.      Cleaning  seperti namanya adalah tahap membersihkan drum dari sisa-sisa toner.

2.4              Text Box: 11Penggunaan Mesin Fotocopy
a.       Description: http://sewafotocopy.webs.com/iRAC20XX_06.jpgPastikan tersedia kertas yang cukup untuk jumlah salinan/ copian yang ingin Anda buat dalam baki/ tray/ cassette kertas. Pada mesin fotokopi kecil, umumnya hanya tersedia satu baki/ tray kertas . Sebagian besar mesin fotokopi memiliki baki/ Tray / Cassette memiliki bebrapa tempat kertas ukuran A4/ Folio/ Legal / atau A3
.


b.      Tempatkan dokumen yang akan Anda fotocopy, atau gambar yang ingin Anda salin, pada Kaca Original mesin fotokopi. Untuk melakukan hal ini, mengangkat tutup/ ADF mesin fotokopi, yang selalu bagian paling atas dari setiap mesin fotokopi. Ada tanda panah garis kecil di bagian atas atau sisi wajah mesin fotokopi yang menunjukkan panjang dan lebar. Tempatkan dokumen Anda terhadap garis-garis ini sampai Anda menemukan satu yang akan masuk ke dalam. Jika dokumen Anda lebih kecil dari semua lini, menempatkannya di sudut kiri atas dari wajah mesin fotokopi. Tutup penutup mesin fotokopi.
Description: http://sewafotocopy.webs.com/COPY%20GUIDE%204570%20EDT-%20FOOT36A.jpgDescription: http://sewafotocopy.webs.com/COPY%20GUIDE%204570%20EDT-%20FOOT37A.jpg
c.       Text Box: 12Pilih berapa banyak salinan untuk membuat. Lihatlah panel kontrol - sebuah jendela kecil yang akan memandu Anda untuk tombol Anda harus menggunakan untuk membuat pilihan Anda. Setelah Anda telah membuat pilihan Anda, panel kontrol akan pindah ke opsi berikutnya.
Description: http://sewafotocopy.webs.com/COPY%20GUIDE%204570%20EDT-%20FOOT30A.jpg
d.      Memperkecil atau memperbesar ukuran salinan Anda jika mesin fotokopi Anda memiliki opsi ini. Pilih opsi yang akan Anda gunakan dan tekan tombol yang sesuai. Ingat bahwa ukuran ulang Anda harus pas ke kertas yang telah Anda dimuat. Jika ini adalah item kecil seperti ID Anda dapat kembali ukuran besar seperti yang Anda inginkan, tetapi Anda dianjurkan untuk melihat di jendela itu, yang akan menunjukkan ukuran dokumen Anda terhadap ukuran kertas Anda.
e.       Tekan tombol start dan menonton salinan Anda keluar dari baki. Baki ini akan berlokasi di atas atau ke samping Anda memuat baki kertas.
2.5              Masalah Saat Menggunakan Mesin Fotocopy
1.      Paper Jam/Kertas Tersangkut
Jam paper atau istilah lainnya “kertas nyangkut” yaitu berhentinya proses kerja mesin fotocopy karena ada 1 atau beberapa kertas yang menyangkut diarea area tertentu dibagian mesin fotocopy. Permasalahan ini biasanya ditandai dengan menyalanya indikator jam paper pada panel monitor serta disertakan pula tempat dimana kerta tersebut nyangkut.
Text Box: 13Jam paper sendiri termasuk kedalam maslah yang ringan dan sering muncul dalam setiap kegitan fotocopy dan tak terelakkan bagi semua merek mesin fotocopy,seperti ditulis diatas bahwa jam paper ini akan diawali dengan menyalanya indikator yang berada di panel disertai dengan area mana kertas tersebut berada, kita tinggal ikuti saja arahan dari mesin, karena sangat jelas sekali petunjuknya, kertas diambil dan akan jalan lagi. jam paper adalah masalah yang ringan jika intensitas jam paper ini masih bisa ditoleransi, paling tidak dari 100 lembar print/fotocopy terdapat 1x jam paper, namun jika jam paper ini sudah akut, dikit dikit nyangkut, ini perlu ditindak lanjuti lebih jauh.
Beberapa penyebab jam paper:
a.       Berat kertas kurang dari 70 gram
Kertas yang ideal untuk fotocopy adalah 70 gram, dan 80 gram akan lebih bagus, berat kertas yang ideal akan memudahlan untuk ditarik oleh roll-roll karet disepanjang area feeder kertas, kertas dibawah berat 70 gram, akan sangat susah ditarik,disamping begitu ringan kertas juga lebih tipis sehingga mudah untuk melipat dan kusut pada akhirnya bisa saja tersangkut ditengah jalan.
b.      Kertas lembab






Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmjglwCWz0DRrR1Zp_GOuDXPUDlFVFS-qHhytpwgkWPtlQi6uSTpsHCCc9eCWntdqp572xi1ZT1t0NCq7l5cRfntl993d1taGEfUlonemXfRKBbBsy6Xk-oLUWsD7ktIHDl3q49cQ6rdQY/s200/roll.jpgKertas yang lembab akan layu sehingga susah sangat untuk ditarik, kenapa kertas bisa lembab, padahal di laci kertas ada pemanasnya, mungkin penyebabnya ialah mesin sudah lama tidak dipakai dan dalam kondisi mati.
c.       Roll-roll karet sudah halus
Beberapa roll yang langsung berhubungan awal dengan kertas ialah roll pick up,roll feeder,roll sparation,roll register.dari beberapa roll yang disebutkan, roll pick up,roll feeder dan roll sparation yang sering halus/aus, mengingat mereka bertigalah yang saat awal sebagai roll penarik kertas. Halusnya roll-roll ini tak lain karena gesekan dengan bidang kertas, semakin kasar tekstur sebuah kertas maka cepat haluslah mereka;
Text Box: 14Tips-tips perawatan dan pencegahan kecil untuk mencegah jam paper:
1.      Gunakan kertas yang beratnya 70 gram atau lebih
2.      Ganti roll secara berkala dan check setiap bulan.
3.      Jangan memakai kerta yang lembab.
4.      Jangan memakai kertas buram/daur ulang
2.      Hasil Fotocopy Bergaris Putih/Putus
Hasil fotocopy yang bergaris putih disebabkan karena cleaning blade sudah rusak. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara:
a.       Cek OPC Drum
Pertama yang dilihat adalah kondisi OPC drum, akan terlihat pada drum terdapat gelang-gelang bekas toner. Langsung saja bersihkan sampai bersih. Setelah dites 1-5 lembar dan hasilnya bagus, coba tes lagi untuk beberapa lembar. Jika masih mendapat masalah yang sama, maka langsung saja ke perbaikan yang kedua.
b.      Cek Wiper Cleaning Blade
Setelah membersihkan drum dan tetap mendapatkan masalah yang sama, yang harus dilakukan adalah cek wiper blade. Ganti wiper blade dan tes untuk beberapa kali jika sudah tak ditemukan masalah lagi berarti sudah benar. Jadi wiper inilah yang menyebabkan kotoran toner yang menempel pada permukaan drum sehingga menimbulkan hasil fotocopy bergaris putih.

2.6   Merawat Mesin Fotocopy agar Tetap Bagus
Apapun namanya entah itu benda mati atau benda hidup jikalau tidak di rawat maka akan rusak dengan segera, tak terkecuali dengan mein fotocopy yang kita pakai sehari-hari, kalau tidak kita rawat pasti akan rusak juga, namun untuk merawat mesin fotocopy ini tak semudah merawat benda benda yang lainnya, hanya cukup dilap biar kelihatan bagus, atau dicuci agar kelihatan bersih. Mesin fotocopy tidak seperti itu merawatnya, ada teknik dan trik tertentu untuk merawat mesin ini, bilaman mesin fotocopy tidak di rawat maka dampaknya adalah pada hasil fotocopy yang terlihat tidak sempurna, mungkin berbintik disana sini,buram,bergaris dan masih banyak lagi.
Text Box: 15Text Box: 16Perawatan apa saja yang perlu untuk lakukan setiap bulannya:
1.      Bersihkan Platen Glass
Platen glass atau meja kaca yang biasa kita gunakan untuk mengcopy dokumen perlu kita bersihkan secara berkala, kotoran mungkin menempel bersamaan dengan kertas yang kita taruh diatasnya, bila tidak kita bersihkan maka kotoran tersebut akan ikut tercopy yang membuat sebuah bintik hitam pada hasil copy kita. bersihkan saja dengan tisu basah atau cairan pembersih kaca kemudian lap sampai kering dan pastikan kotoran telah hilang.
2.      Bersihkan Roller-roller karet
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMBQwaqVBcXmgjH3H5TNp415dX8fZuZhQEmgm20AK8uATSjFwI0CX-HuyS8xgjyN2Bz1V2VH-n8jrx9HNxje07uwkvJ5E-2XZetqnRGHYx-SJMuwqlu5Wu6Wc-AAlxc7NDN3r688wof6In/s320/20150522_085951.jpg






Adapun roll yang utama kita bersihkan adalah roll pick up. roller feed, roller sparator serta roll ADF. Roller-roller karet ini mesti kita bersihkan secara berkala pula karena roll inilah yang bertugas untuk menarik dan memperlancar alur jalannya kertas, jadi kemungkinan kotor karena bersinggungan dengan kertas adalah sangat mungkin, biasanya roll ini sampai hitam-hitam, dan bila anda mendapati roll ini halus maka perlu untuk segera diganti, karena kalau tidak diganti maka kertas tidak akan dapat ditarik dengan baik dan bisa saja nyangkut.
3.      Bersihkan Drum
Tarik keluar drum dan bersihkan dengan brasso, karena drum ini adalah tempat untuk mecetak kertas dan tempat toner melekat sebelum ditarik oleh kertas, jadi kemungkinan sisa sisa toner yang tidak bersih di bersihkan oleh wiper blade akan menempel di drum tersebut. perlu diingat untuk membersihkan item ini dengan brasso agar permukaan drum cepat kering, bila permukaan drum lembab maka hasil fotocopy akan terlihat buram.



4.      Bersihkan Body mesin
Text Box: 16Bersihkan body mesin dari debu-debu yang menempel pada mesin supaya mesin terlihat bersih dan kelihatan yang punya mesin juga orangnya bersih.
5.      Clear error dan jam paper
Yang terakhir masuklah ke bagian service mode, dan lihat pada bagian jam, pasti ada berkas kertas yang nyangkut, bersihkan semua berkas sampah tersebut dengan klik function - clear, klik satu per satu sampai data-data kertas yang nyangkut serta data error menjadi hilang, klik reset.

Mungkin itu saja yang perlu di maintenance tiap bulan untuk menjaga hasil fotocopy dan juga kondisi mesin biar tetap bagus.
















BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Sejarah penemuan mesin fotokopi dan seperti sejarah penemu lainnya, sejarah  mesin fotokopi juga berawal dengan penelitian yang panjang. Seorang penemu sistem Xerography, Chester Carlson adalah seorang yang bekerja penyalin dokumen pada perusahaan analis paten. Kemudian lahirlah ide untuk mempercepat kerjaannya sebagai penyalin dokumen, maka ia pun mulai berpikir untuk menciptakan sebuah alat yang dapat menyalin sebuah dokumen secara berulang.
Komponen-komponen mesin fotocopy dan fungsinya yaitu Developing, Drum, Power Suplly, Regist dan Songe Roll, Stack Bypass, Pemanas atau Heater, Cleaning Blade, Laser , Duplek atau Unit 2, Sensor Developing, Claw atau Kuku, Termistor, Hardisk, Mainboard, Kaca tempat asli (original glass), Kaset Kertas / Baki Kertas, Korona Bawah dan Korona Atas, ADF (Automatic Document Feeder), Lampu Scaner, Dll.
Mesin fotocopy menggunakan cahaya, drum dan toner untuk melakukan penyalinan ketiga komponen  ini adalah komponen utama pada semua mesin  fotocopy. Secara sederhana cara kerjanya dapat dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu Pre-xposure, Primary charging, Laser-xposure, Development, Transfer, Separatio, Fixing, dan Cleaning.
Penggunaan Mesin Fotocopy adalah Pastikan tersedia kertas yang cukup untuk jumlah salinan/ copian yang ingin Anda buat dalam baki/ tray/ cassette kertas, Tempatkan dokumen yang akan Anda fotocopy, atau gambar yang ingin Anda salin, pada Kaca Original mesin fotokopi, Pilih berapa banyak salinan untuk membuat, Memperkecil atau memperbesar ukuran salinan Anda jika mesin fotokopi Anda memiliki opsi ini, dan Tekan tombol start dan menonton salinan Anda keluar dari baki.
Masalah Saat Menggunakan Mesin Fotocopy
1.      Paper Jam/Kertas Tersangkut
Beberapa penyebab jam paper:
a.       Berat kertas kurang dari 70 gramText Box: 17
b.      Text Box: 18Kertas lembab
c.       Roll-roll karet sudah halus
Tips-tips perawatan dan pencegahan kecil untuk mencegah jam paper:
1.      Gunakan kertas yang beratnya 70 gram atau lebih
2.      Ganti roll secara berkala dan check setiap bulan.
3.      Jangan memakai kerta yang lembab.
4.      Jangan memakai kertas buram/daur ulang
5.      Hasil Fotocopy Bergaris Putih/Putus
2.      Hasil fotocopy yang bergaris putih disebabkan karena cleaning blade sudah rusak. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara: Cek OPC Drum dan Cek Wiper Cleaning Blade
Merawat Mesin Fotocopy agar Tetap Bagus yaitu Bersihkan Platen Glass, Bersihkan Roller-roller karet, Bersihkan Drum, Bersihkan Body mesin, dan Clear error dan jam paper

3.2  Text Box: 18Saran
Merawat mesin fotocopy ini tak semudah merawat benda benda yang lainnya, hanya cukup dilap biar kelihatan bagus, atau dicuci agar kelihatan bersih. Seharusnya ada teknik dan trik tertentu untuk merawat mesin ini, dengan cara Bersihkan Platen Glass, Bersihkan Roller-roller karet, Bersihkan Drum, Bersihkan Body mesin, dan Clear error dan jam paper. Penggunaan mesin fotocopynya harus lebih berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan atau kerusakan pada mesin fotocopy atau hasil dari fotocopyan.











Daftar Pustaka
Abidin, Zaenal. 2013. Cara menggunakan mesin fotocopy. [online] diakses pada tanggal 19 November 2016 pada laman http://grosir-mesin-fotocopy.blogspot.co.id/2013_06_01_archive.html
Anonim. 2015. 20 Bagian Mesin dan Fungsinya. [Online] diakses pada hari Jumat 18 November 2016 pada laman http://mesinfotocopybaru.blogspot.co.id/2015/02/20-bagian-mesin-fotocopy-yang-fungsinya-harus-diketahui.html
Anonim. 2015. Bagian-Bagian Mesin dan Fungsinya. [Online] diakses pada hari Jumat 18 November 2016 pada laman http://mesinfotocopy.biz/bagian-mesin-fotocopy-dan-fungsinya.html
Margono. 2016. Mesin fotocopy. [online] diakses pada tanggal 19 November 2016 pada laman http://www.pesancopy.com/
Rentalfotocopy. 2013. Cara menggunakan mesin fotocopy. [online] diakses pada tanggal 19 November 2016 pada laman http://sewafotocopy.webs.com/apps/blog/show/35824985-cara-menggunakan-mesin-fotocopy
Shibab. 2016. Macam-macam Mesin Pengganda. [Online] terdapat di https://shihab1981.files.wordpress.com/.../bahan-materi-penggandaan-dokumen.pdf  di akses pada hari Jumat 18 November 2016
Total, Print. 2014. Sejarah penemuan mesin fotocopy. [online] diakses pada tanggal 18 November 2016 pada laman http://www.blog.totalprint.co.id/sejarah-penemuan-mesin-fotokopi-chester-carlson/


Text Box: 19
 

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kiri kanan home