Kegagalan hari Ini berarti pendorong,
Namun kejayaan semalam bukan berarti kemegahan oleh karena itu gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang di langit, dan rendahkanlah dirimu serendah rumput di bumi.

share yu...

RPP/SMP/VII/ Pelestarian Lingkungan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A.  Identitas
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Kelas/  Semester          : VII / Ganjil
Mata Pelajaran            : IPA
Tema                           : Pelestarian Lingkungan
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
B.  Kompetensi Inti         :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

C.  Kompetensi Dasar    
1.1              Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
3.8       Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
3.9       Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.10     Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem.
4.2       Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.3       Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
4.8       Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.10     Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah.

D.  Indikator
1.             Mengagumi ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.             Mendeskripsikan  interaksi antar makhluk hidup
3.             Mendeskripsikan dampak dari pencemaran lingkungan.
4.             Menyajikan data informasi  penyebab pemanasan global
5.             Menyajikan data informasi dampak pemanasan global bagi ekosistem
6.             Menyajikan hasil analisis data observasi tentang interaksi makhluk hidup dalam ekosistem
7.             Melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan dan hewan yang terdapat dilingkungan sekitar.
8.             Menyajikan informasi tentang pencemaran lingkungan
9.             Memberikan pendapat penanggulanganan masalah yang aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.
10.         Menunjukkan penghargaan dan menjaga lingkungan dalam aktivitas sehari-hari.
E.  Tujuan
1.             Siswa mampu mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup pada pencemaran lingkungan.
2.             Siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya pemanasan global dana dampaknya terhadap ekosistem.
3.             Siswa mampu mengidentifikasi interaksi antara komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem.
4.             Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara interaksi makhluk hidup dengan ekosistem.
5.             Siswa mampu memberikan solusi terhadap damapak dari interaksi anatar makhluk hidup dengan ekosistem yang aman dan tidak merusak lingkungan serta mampu meimpementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
F.   Materi
Ekosistem
1.    Komponen ekosistem
Komponen penyusun ekosistem terdiri atas dua macam, yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang terdiri atas makhluk hidup, sedangkan komponen abiotik adalah komponen yang terdiri atas benda mati. Seluruh komponen biotik dalam suatu ekosistem membentuk komunitas. Dengan demikian, ekosistem dapat diartikan sebagai kesatuan antara komunitas dengan lingkungan abiotiknya.
a)    Komponen Biotik
Berdasarkan caranya memperoleh makanan di dalam ekosistem, organisme anggota komponen biotik dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1)   Komponen Biotik
·           Produsen, yang berarti penghasil. Produsen merupakan organisme yang mampu menghasilkan zat makanan sendiri (autotrof) melalui fotosintesis.
·           Konsumen, yang berarti pemakai, yaitu organisme yang tidak dapat menghasilkan zat makanan sendiri tetapi menggunakan zat makanan yang dibuat oleh organisme lain. Organisme yang secara langsung mengambil zat makanan dari tumbuhan hijau adalah herbivora. Perhatikan contoh sebuah rantai makanan ini: daun berwarna hijau (Produsen) –> ulat (Konsumen I) –> ayam (Konsumen II) –> musang (Konsumen III) –> macan (Konsumen IV/Puncak). Dalam ekosistem, banyak proses rantai makanan yang terjadi sehingga membentuk jaring-jaring makanan (food web) yang merupakan kumpulan dari beberapa rantai makanan.
·           Dekomposer atau pengurai. Dekomposer adalah jasad renik yang berperan menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme yang telah mati ataupun hasil pembuangan sisa pencernaan.
2)   Komponen Abiotik
Komponen abiotik merupakan komponen tak hidup dalam suatu ekosistem. Komponen abiotik sangat menentukan jenis makhluk hidup yang menghuni suatu lingkungan. Komponen abiotik banyak ragamnya, antara lain: tanah, air, udara, suhu, dan lain-lain.
2.    Macam-macam ekosistem
a)        Ekosistem hutan hujan tropis 
b)        Ekosistem hutan gugur
c)        Ekosistem Taiga
d)       Ekosistem Tundra
e)        Ekosistem Gurun
f)         Ekosistem padang rumput
g)        Ekosistem Kaparral
h)        Ekosistem hutan hujan beriklim sedang
3.              Interaksi makhluk hidup dalam ekosistem
a.     Interaksi antara komponen biotik dam abiotik
Dalam ekosistem, komponen abiotik dapat mempengaruhi komponen biotik, begitupun sebaliknya, komponen biotik juga dapat mempengaruhi komponen abiotik
b.    Interaksi antar komponen biotik
Interaksi dalam ekosistem yang dilakukan antar komponen biotik dapat kita temukan dalam contoh yang sangat banyak dengan kasus yang sangat beragam. Namun semua contoh dan kasus tersebut sejatinya dapat dibagi dalam 2 jenis kelompok yaitu kelompok interaksi intraspesifik dan interaksi interspesifik.
c.    Interaksi antar komponen abiotik
Interaksi dalam ekosistem juga dapat terjadi antar komponen abiotik melalui hubungan timbal balik. Sebagai contoh adalah interaksi antara intensitas cahaya matahari dan air. Jika intensitas cahaya matahari meningkat, maka laju penguapan dari suatu perairan juga akan meningkat. 
4.         Dampak interaksi makhluk hidup dalam ekosistem.
Perubahan alam lingkungan hidup manusia tampak jelas di kota-kota, dibandingkan dengan di hutan rimba dimana penduduknya masih sedikit serta primitif. Perubahan ini akan berpengaruh baik secara positif maupun negatif. Berpengaruh positif karena manusia mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut, dan berpengaruh negatif karena dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya untuk menyokong kehidupannya.
G. Model Pembelajaran             : inkuiri
H.  Metode pembelajaran           : presentasi, tanya jawab, diskusi, observasi dan penugasan.
I.     Proses pembelajaran
NO
Aktivitas Siswa
Bantuan Guru
Keterangan Waktu
I.
Kegiatan Pendahuluan

1.     Siswa menyiapkan dan berdoa sesuai kepercayaannya masing-masing.
2.     Siswa menyampaikan siapa yang tidak hadir.
3.     Mengikuti games sederhana yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
4.     Mendengarkan yang disampaikan guru mengenai KD, indikator dan tujuan.
1.     Menanyakan kabar siswa dan meriview sedikit materi sebelumnya.
2.     Memberi motivasi dan games sederhana yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
3.     Menginformasikan  kompetensi dasar, indikator dan tujuan.
4.    Siswa diminta untuk berkumpul sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya
1x 15 menit
II.
Kegiatan Inti


1.     Guru menampilkan video tentang ekosistem dan mengulas materi yang akan dipelajari.
2.     Siswa mempersentasikan hasil observasi yang telah dilakukan dan melakukan tanya jawab terhadap hasil observasinya
3.     Guru membagikan LKS pada tiap kelompok
4.     Guru memberikan arahan kepada siswa untuk mengisi LKS sesuai dengan data yang telah didapatkan pada saat observasi
5.     Siswa mengumpulkan LKS.
6.     Salah satu perwakilan dari setiap kelompok menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah diberikan.
1x 45 menit
III.
Penutup


1.    Siswa mengumpulkan LKS yang telah diisi
2.    Siswa mengisi kuis
3.    Siswa bersiap untuk pulang dan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
4.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa
5.    Guru meriview materi dengan memberikan kuis.
6.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat proyek yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
7.    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk terus semangat dalam belajar.
1 x 20 menit

J.        Media dan Sumber Belajar         :
Media         : laptop, infokus, alat tulis  dan video
Sumber       : Buku IPA kelas VIII, data hasil observasi, buku paket SMP dan  LKS

K.      Penilaian                            :
1.    Kuis              = 30 %
2.    Tugas                        = 30 %
3.    Keaktifan      = 20 %
4.    Sikap             = 10 %
5.    Absensi         = 10 %
Soal  penilaian kognitif (Kuis)
1.      Sebut kan dan jelaskan macam-macam ekosistem !
2.      Jelaskan interaksi komponen biotik dan abiotik !
3.      Jelaskan hubungan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan !
4.      Jelaskan dampak apa yang terjadi pada ekosistem dari ineraksi makhluk hidup !
5.      Berikan solusi untuk dampak yang terjadi pada nomor 4 !







Serang , 12 Oktober 2016

                                                            Guru mata pelajaran    

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kiri kanan home