Kegagalan hari Ini berarti pendorong,
Namun kejayaan semalam bukan berarti kemegahan oleh karena itu gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang di langit, dan rendahkanlah dirimu serendah rumput di bumi.

share yu...

SILABUS MATA PELAJARAN IPA/IX/2

SILABUS MATA PELAJARAN:
IPA
Satuan pendidikan      : SMP
Kelas/ Semester           : IX / 2
Mata Pelajaran            : IPA
Materi Pokok              : Bioteknologi dan Produksi Pangan
Kompetensi Inti          :
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauanpergaulan dan keberadaannya
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.        Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

4.9   Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau penelusuran informasi tentang penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
Bioteknologi dan Produksi Pangan
1.  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa.
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-       Guru mengulas pengetahuan yang dimiliki siswa tentang kondisi pangan di lingkungan sekitar dengan mengajak peserta didik untuk merenungkan kekuasaan Tuhan melalui apersepsi dan motivasi dengan memikirkan  fenomena hasil bioteknologi misalnya kedelai dengan tempe, singkong dengan tape. Guru menanyakan mengapa terjadi perubahan bentuk dan rasa dari kedua bahan makanan itu ?
2.  Menyajikan informasi
-  Guru menayangkan video tentang karakteristik suatu materi/bahan dan meminta siswa untuk menghubungkan dengan observasi yang telah siswa lakukan.
3.  Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar.
-       Guru membagikan LKS yang sudah dibuat kepada  masing-masing kelompok dan menjelaskan cara dan waktu pengisianya
4.    Membimbing kelompok bekerja dalam belajar.
-       Siswa berdiskusi dalam mengisi LKS yang telah dibagikan.
-       Guru mengawasi siswa pada setiap kelompok dengan mengunjungi setiap kelompoknya.
-       Guru dan siswa bersama-sama membahas dan atau menunjuk siswa untuk membuat kesimpulan pembelajaran yang sudah dilakukan.
5.  Evaluasi
-       Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dengan menanya.
6.  Memberi penghargaan
-       Guru memberikan apresepsi pada siswa.


A.      Tugas

1.  Carilah informasi tentang produk bioteknologi melaui observasi.

B.      Observasi
Mengerjakan soal di LKS


C.      Portofolio
 Pengumpulan:
1.    Lembar Kegiatan Siswa

D.      Tes Tulis
Soal Pilihan Ganda
Contoh soal :
Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah....
a. Yogurt        c. sabun
b. Tahu           d. minyak goreng

Soal Uraian :
Contoh soal :
Jelaskan apa perbedaan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern ?


2 x 40 menit
(1 x pertemuan)
1.        Buku Paket Pendidik  IPA untuk SMP/MTs Kelas IX, Penerbit Erlangga
2.        LKS
3.        Internet / e-book
4.        Objek langsung / data hasil observasi


Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kiri kanan home