RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
SMP
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas /
Semester : VII ( Tujuh )
Tema : pertumbuhan si hijau
Alokasi Waktu : 4 x 40
Menit (Dua kali tatap muka)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait feno mena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri,
makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi,
serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.6 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan
makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi
terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
C. Indikatorpencapaiankompetensi
1.
Menjelaskan ciri
hidup dan tak hidup
2.
Menjelaskan
pengertian fotosintesis
3.
Menjelaskan
proses terjadinya reaksi fotosintesis
4.
Mendiskripsikan
kaitan ciri hidup dengan fotosintesis
5.
Menggunakan
alat ukur untuk mengetahui ciri hidup
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menjelaskan ciri hidup melalui praktikum
2.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian fotosintesis dan reaksinya melalui penayangan
video
3.
Siswa
dapat mendeskripsikan kaitan ciri hidup dengan fotosintesis melalui praktikum
4.
Siswa dapat
mengetahui ciri hidup melalui pengukuran dengan alat ukur.
E. Materi
Pembelajaran
Biologi : Ciri-ciri
benda hidup dan tak hidup dan tak hidup
Proses reaksi fotosintesis
Fisika : pengukuran
F.
Pendekatan/Strategi/MetodePembelajaran
1.
Pendekatan
: Scientific
2.
Strategi : Diskusi, Tanya
Jawab, Praktikum dan Presentsi
3.
Metode
Pembelajaran : Inkuiri terbimbing
G.
Media
dan SumberPembelajaran
1.
Media
a. Laptop
b. LCD
2.
SumberBelajar
a.
Buku paket
b.
Lembar kerja
siswa
c.
Buku atau
sumber belajar yang relevan
d.
Media
elektronik
H. Kegiatan Pembelajaran
Ø Pertemuan
Pertama
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru
menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa.
b.
Guru
nenanyakan kabar peserta didik, kemudian guru mengabsen peserta didik.
c.
Guru
mengajak peserta didik melakukan Ice Breaking (Senam otak).
d.
Guru
menanyakan materi pertemuan sebelumnya.
e.
Guru
menyampaikan manfaat dan tujuan pelajaran kepada peserta didik.
f.
Guru
menginformasikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (55menit)
a.
Mengamati
1)
Peserta didik melakukan pengamatan terhadap mind map yang
telah dibuat pada masing-masing kelompok yang presentasi.
2)
Peserta didik menyiapkan alat dan bahan untuk praktikum.
3)
Peserta didik melakukan praktikum tentang ciri benda hidup dan benda tak hidup dan
mengamati hasil dari praktikum yang telah dilakukan.
b.
Menanya
1)
Guru bertanya
kepada peserta didik tentang konsep dasar yang akan dijadikan mind map.
2)
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang pendapatnya dari presentasi yang telah
ditampilkan temannya.
3) Guru bertanya kepada peserta didik tentang ciri hidup pada
tumbuhan.
4) Guru mengajukan pertanyaan kepada pesarta didik tentang apa
yang akan dilakukan untuk membuktikan ciri hidup pada tumbuhan
5) Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang
alasan kenapa tumbuhan tumbuh
6) Guru bertanya kepada peserta didik tentang konsep dasar
fotosintesis.
7)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang perbedaan tanaman di dalam
rumah sama di luar rumah.
c.
Mengeksplorasi
1)
Peserta didik mengumpulan
informasi dari hasil praktikum ciri hidup dan benda
tak hidup
d.
Mengasosiasikan
1)
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi.
2)
Peserta didik menuliskan hasil diskusi di lembar LKS.
e.
Mengomunikasikan
1) Peserta didik membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari.
3. Kegiatan Penutup (10menit)
Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
a.
Mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya
secara bersa mamenemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran
yang telah berlangsung;
b.
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.
Menginformasikan
materi pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya;
Ø
Pertemuan kedua
1. Pendahuluan (15menit)
a.
Guru
menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa.
b.
Guru nenanyakan
kabar peserta didik, kemudian guru mengabsen peserta didik.
c.
Guru
mengajak peserta didik melakukan Ice Breaking (Senam otak).
d.
Guru
menanyakan materi pertemuan sebelumnya.
e.
Guru
menyampaikan manfaat dan tujuan pelajaran kepada peserta didik.
f.
Guru menginformasikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran.
2. Kegiatan
inti (55 menit)
a. Mengamati
1)
Peserta didik melakukan presentasi hasil praktikum pada
pertemuan sebelumnya pada masing-masing kelompok.
2)
Peserta didik melakukan diskusi tanya jawab dari hasil
praktikum yang dipresentasikan.
3)
Peserta didik mengamati video yang di tampilkan oleh
guru.
4)
Peserta didik melakukan diskusi mengenai hubungan antara
praktikum yang telah dilakukan dengan video yang ditampilkan oleh guru.
b.
Menanya
1)
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik tentang hasil praktikum yang telah didapatkan.
2)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada pesarta didik mengenai hasil praktikum tentang
ciri hidup dan benda tak hidup yang telah
dipresentasikan.
3)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik mengenai keterkaitan ciri hidup dan benda tak hidup
dengan fotosintesis.
4)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik mengenai video yang ditampilkan.
5)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik mengenai adakah hubungan atau
peresamaan dari hasil praktikum dengan video yang ditampilkan.
c. Mengeksplorasi
1)
Peserta didik mengumpulan
informasi dari hasil diskusi mengenai hasil praktikum ciri hidup dan benda tak hidup yang telah dilakukan.
d.
Mengasosiasikan
1)
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi.
e.
Mengomunikasikan
1)
Peserta
didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
3.
Kegiatan
Penutup (10menit)
Guru membimbing peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1) Melakukan post test
2) Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat
langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
3) Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
4) Menginformasikan materi pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya
I. PENILAIAN
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Bentuk
instrukmen
|
||
1.
|
KI 1 dan
KI 2
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
Rubrik penilaian
sikap
|
||
2.
|
KI 3
|
Tes tertulis
|
Lembar tes tertulis
|
Uraian
|
||
3.
|
KI 4
|
Praktikum
|
Lembar kerja siswa
|
Praktikum
|
||
1.
Penilaian sikap
Teknik : Observasi
Instrumen : Lembar observasi
Bentuk instrument : Rubrik penilaian sikap tanggung jawab
NO
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1.
|
Bertanggung jawab dalam melakukan
pengamatan
|
|
|
|
|
2.
|
Bertanggungjawab menggunakan alat-alat yang digunakan untuk mengamati yang dilakukan
|
|
|
|
|
3.
|
Bertanggung jawab terhadap hasil laporan pengamatan
|
|
|
|
|
Ket: SB
= Sangat Baik
B
= Baik
C = Cukup
K = Kurang
2. Penilaian
Pengetahuan
Teknik : Tes tertulis
Instrumen : Lembaran
tes tertulis
Bentuk instrukmen : Uraian
1.
Sebutkan
ciri-ciri benda hidup dan tak hidup!
2.
Sebutkan
pengertian fotosintesis !
3.
Analisislah
faktor apa saja yang dapat mempengaruhi roses fotosintesis !
4.
Jelaskan
keterkaitan ciri hidup dengan terjadinya proses fotosintesis
5.
Bagaimana
cara untuk mengetahui suatu benda/tanaman itu tumbuh? Jelaskan
Tabel penilaian
No
|
soal
|
skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sebutkan ciri-ciri makhluk
hidup
|
|
|
|
|
2
|
Sebutkan pengertian
fotosintesis
|
|
|
|
|
3
|
Analisislah faktor apa saja yang dapat mempengaruhi
roses fotosintesis
|
|
|
|
|
4
|
Jelaskan keterkaitan ciri hidup dengan terjadinya
proses fotosintesis
|
|
|
|
|
5
|
Bagaimana cara untuk mengetahui suatu benda/tanaman itu
tumbuh? Jelaskan
|
|
|
|
|
Skor total
|
|
|
|
|
Keterangan :
4
= penjelasan
lengkap
2
= penjelasan cukup
2 =
penjelasan hanya sebagian
1
= penjelasan
tidak jelas
3. Instrumen Tes Praktik
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1.
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
|||
2
|
Melakukan praktikum
|
|||
3
|
Mendeskripsikan pengamatan
|
|||
4
|
Menafsirkan hasil pengamatan
|
|||
5.
|
Mengembalikan alat dan bahan
|
|||
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar