RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
A.
Identitas
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Kelas/ Semester :
VII / Ganjil
Mata
Pelajaran : IPA
Tema : Pelestarian
Lingkungan
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
B.
Kompetensi
Inti
:
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
C.
Kompetensi
Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
3.8
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan
lingkungannya
3.9
Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.10 Mendeskripsikan
tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem.
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi
terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.3
Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda,
tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
4.8 Menyajikan hasil observasi terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.10
Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan
usulan penanggulangan masalah.
D.
Indikator
1.
Mengagumi ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Mendeskripsikan interaksi antar
makhluk hidup
3.
Mendeskripsikan dampak dari pencemaran lingkungan.
4.
Menyajikan data informasi penyebab
pemanasan global
5.
Menyajikan data informasi dampak pemanasan global bagi ekosistem
6.
Menyajikan hasil analisis data observasi tentang interaksi makhluk hidup
dalam ekosistem
7.
Melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan dan hewan yang
terdapat dilingkungan sekitar.
8.
Menyajikan informasi tentang pencemaran lingkungan
9.
Memberikan pendapat penanggulanganan masalah yang aman serta tidak
merusak lingkungan sekitarnya.
10.
Menunjukkan penghargaan dan menjaga lingkungan dalam aktivitas
sehari-hari.
E. Tujuan
1.
Siswa mampu mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup pada pencemaran
lingkungan.
2.
Siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya pemanasan global dana
dampaknya terhadap ekosistem.
3.
Siswa mampu mengidentifikasi interaksi antara komponen biotik dan abiotik
dalam ekosistem.
4.
Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara interaksi makhluk hidup dengan
ekosistem.
5.
Siswa mampu memberikan solusi terhadap damapak dari interaksi anatar
makhluk hidup dengan ekosistem yang aman dan tidak merusak lingkungan serta
mampu meimpementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
F. Materi
Ekosistem
1.
Komponen ekosistem
Komponen penyusun ekosistem terdiri atas dua macam,
yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang terdiri
atas makhluk hidup, sedangkan komponen abiotik adalah komponen yang terdiri
atas benda mati. Seluruh komponen biotik dalam suatu ekosistem membentuk
komunitas. Dengan demikian, ekosistem dapat diartikan sebagai kesatuan antara
komunitas dengan lingkungan abiotiknya.
a)
Komponen Biotik
Berdasarkan caranya memperoleh makanan di dalam
ekosistem, organisme anggota komponen biotik dapat dibedakan menjadi tiga,
yaitu:
1)
Komponen
Biotik
·
Produsen, yang berarti
penghasil. Produsen merupakan organisme yang mampu menghasilkan zat makanan
sendiri (autotrof) melalui fotosintesis.
·
Konsumen, yang berarti
pemakai, yaitu organisme yang tidak dapat menghasilkan zat makanan sendiri
tetapi menggunakan zat makanan yang dibuat oleh organisme lain. Organisme yang
secara langsung mengambil zat makanan dari tumbuhan hijau adalah herbivora.
Perhatikan contoh sebuah rantai makanan ini: daun berwarna hijau (Produsen)
–> ulat (Konsumen I) –> ayam (Konsumen II) –> musang (Konsumen III)
–> macan (Konsumen IV/Puncak). Dalam ekosistem, banyak proses rantai
makanan yang terjadi sehingga membentuk jaring-jaring makanan (food web) yang
merupakan kumpulan dari beberapa rantai makanan.
·
Dekomposer atau
pengurai. Dekomposer adalah jasad renik yang berperan menguraikan bahan organik
yang berasal dari organisme yang telah mati ataupun hasil pembuangan sisa
pencernaan.
2)
Komponen
Abiotik
Komponen abiotik merupakan komponen tak hidup
dalam suatu ekosistem. Komponen abiotik sangat menentukan jenis makhluk hidup yang
menghuni suatu lingkungan. Komponen abiotik banyak ragamnya, antara lain:
tanah, air, udara, suhu, dan lain-lain.
2.
Macam-macam ekosistem
a)
Ekosistem hutan hujan tropis
b)
Ekosistem hutan gugur
c)
Ekosistem Taiga
d)
Ekosistem Tundra
e)
Ekosistem Gurun
f)
Ekosistem padang rumput
g)
Ekosistem Kaparral
h)
Ekosistem hutan hujan beriklim sedang
3.
Interaksi makhluk hidup dalam ekosistem
a.
Interaksi antara komponen biotik dam abiotik
Dalam ekosistem, komponen abiotik dapat
mempengaruhi komponen biotik, begitupun sebaliknya, komponen biotik juga dapat
mempengaruhi komponen abiotik
b.
Interaksi antar komponen biotik
Interaksi dalam ekosistem yang dilakukan antar
komponen biotik dapat kita temukan dalam contoh yang sangat banyak dengan kasus
yang sangat beragam. Namun semua contoh dan kasus tersebut sejatinya dapat
dibagi dalam 2 jenis kelompok yaitu kelompok interaksi intraspesifik dan
interaksi interspesifik.
c.
Interaksi antar komponen abiotik
Interaksi dalam ekosistem juga dapat terjadi
antar komponen abiotik melalui hubungan timbal balik. Sebagai contoh adalah
interaksi antara intensitas cahaya matahari dan air. Jika intensitas cahaya
matahari meningkat, maka laju penguapan dari suatu perairan juga akan meningkat.
4.
Dampak interaksi makhluk hidup dalam ekosistem.
Perubahan
alam lingkungan hidup manusia tampak jelas di kota-kota, dibandingkan dengan di
hutan rimba dimana penduduknya masih sedikit serta primitif. Perubahan ini akan
berpengaruh baik secara positif maupun negatif. Berpengaruh positif karena
manusia mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut, dan berpengaruh negatif
karena dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya untuk menyokong
kehidupannya.
G. Model
Pembelajaran : inkuiri
H. Metode
pembelajaran : presentasi,
tanya jawab, diskusi, observasi dan penugasan.
I. Proses
pembelajaran
NO
|
Aktivitas Siswa
Bantuan Guru
|
Keterangan Waktu
|
I.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
1. Siswa
menyiapkan dan berdoa sesuai kepercayaannya masing-masing.
2. Siswa
menyampaikan siapa yang tidak hadir.
3. Mengikuti
games sederhana yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
4. Mendengarkan
yang disampaikan guru mengenai KD, indikator dan tujuan.
1.
Menanyakan kabar siswa dan meriview sedikit
materi sebelumnya.
2. Memberi motivasi dan games sederhana yang
berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
3. Menginformasikan kompetensi dasar, indikator dan tujuan.
4. Siswa diminta untuk berkumpul sesuai dengan
kelompok yang telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya
|
1x 15
menit
|
II.
|
Kegiatan Inti
|
|
|
1.
Guru menampilkan video tentang ekosistem dan mengulas materi yang akan
dipelajari.
2.
Siswa mempersentasikan hasil observasi yang telah dilakukan dan
melakukan tanya jawab terhadap hasil observasinya
3.
Guru membagikan LKS pada tiap kelompok
4.
Guru memberikan arahan kepada siswa untuk mengisi LKS sesuai dengan
data yang telah didapatkan pada saat observasi
5.
Siswa mengumpulkan LKS.
6.
Salah satu perwakilan dari setiap kelompok menyampaikan kesimpulan dari
pembelajaran yang telah diberikan.
|
1x 45 menit
|
III.
|
Penutup
|
|
|
1.
Siswa mengumpulkan LKS yang telah diisi
2.
Siswa mengisi kuis
3.
Siswa bersiap untuk pulang dan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
4.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa
5.
Guru meriview materi dengan memberikan kuis.
6.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat proyek yang berkaitan
dengan materi yang telah dipelajari dan dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya.
7.
Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk terus semangat dalam
belajar.
|
1 x 20 menit
|
J.
Media
dan Sumber Belajar :
Media : laptop, infokus, alat tulis dan video
Sumber :
Buku IPA kelas VIII, data hasil observasi, buku paket SMP dan LKS
K.
Penilaian
:
1. Kuis = 30 %
2. Tugas = 30 %
3. Keaktifan = 20 %
4. Sikap = 10 %
5. Absensi = 10 %
Soal penilaian kognitif (Kuis)
1. Sebut
kan dan jelaskan macam-macam ekosistem !
2. Jelaskan
interaksi komponen biotik dan abiotik !
3. Jelaskan
hubungan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan !
4. Jelaskan
dampak apa yang terjadi pada ekosistem dari ineraksi makhluk hidup !
5. Berikan
solusi untuk dampak yang terjadi pada nomor 4 !
Serang , 12 Oktober 2016
Guru mata pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar