Kegagalan hari Ini berarti pendorong,
Namun kejayaan semalam bukan berarti kemegahan oleh karena itu gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang di langit, dan rendahkanlah dirimu serendah rumput di bumi.

share yu...

RPP/IPA/SMP/VII/ Air dan Kehidupan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

A. Identitas

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Kelas/ Semester : VIII / Ganjil

Mata Pelajaran : IPA

Tema : Air dan Kehidupan

Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

B. Kompetensi Inti :

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



C. Kompetensi Dasar

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi

2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan

2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

3.5 Memahami karakteristik jat, seperti perubahan fisika dan kimia pada jat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.

3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari

3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup.

4.8 Menyajikan hasil observasi tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitar.

D. Indikator

1. Menjelaskan peran air dalam kehidupan.

2. Mendeskripsikan interaksi makhluk hidup dan lingkungannya

3. Menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup

4. Mendeskripsikan karakteristik jat dalam air.

5. Menjelaskan pengertian pencemaran air

6. Mendeskripsikan perubahan kimia dan fisika pada air tercemar.

7. Menjelaskan dampak pencemaran air bagi lingkungan

8. Menjelaskan kosep suhu

9. Mendeskripsikan pengaruh suhu air terhadap makhluk hidup

E. Tujuan

1. Siswa mampu menjelaskan peran air dalam interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

2. Siswa mampu mendeskripsikan karakteristik air serta perubahan kimia dan fisika pada air yang tercemar

3. Siswa mampu menghubungkan pengertian pencemaran air dan dampaknya bagi makhluk hidup serta lingkungan sekitarnya.

4. Siswa mampu mendeskripsikan konsep suhu dalam pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup.

5. Siswa mampu menyadari pentingnya air dalam kehidupan dan dapat memberikan solusi terhadap pencemaran yang terjadi pada lingkungan sekitarnya serta mampu menginplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

F. Materi

Dampak Pencemaran bagi Kehidupan

1. Indikator terjadinya pencemaran

2. Pengaruh lingkungan terhadap ekosistem

3. Pencemaran mempengaruhi kesehatan makhluk hidup

4. Solusi yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran

G. Model Pembelajaran : inkuiri

H. Metode pembelajaran : presentasi, tanya jawab, diskusi, praktikum dan penugasan.

I. Proses pembelajaran


NO

Aktivitas Siswa

Bantuan Guru

Keterangan Waktu


I.

Kegiatan Pendahuluan




1. Siswa menyiapkan dan berdoa sesuai kepercayaannya masing-masing.

2. Siswa menyampaikan siapa yang tidak hadir.

3. Mengikuti games sederhana yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan

4. Mendengarkan yang disampaikan guru mengenai KD, indikator dan tujuan.

5. Menanyakan kabar siswa dan meriview sedikit materi sebelumnya.

6. Memberi motivasi dan games sederhana yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan

7. Menginformasikan kompetensi dasar, indikator dan tujuan.

8. Siswa diminta untuk berkumpul sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya.

1x 15 menit


II.

Kegiatan Inti






1. Guru menampilkan gambar-gambar tentang pencemaran dan mengulas materi yang akan dipelajari

2. Guru mengarahkan siswa dengan strategi menaya

3. Guru meminta setiap kelompok mendata indikator dari gambar yang ditampilkan tersebut.

4. Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan yang sudah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya

5. Guru memberikan arahan kepada setiap kelompok untuk mengisi LKS sesuai dengan data percobaan yang dilakukannya.

6. Setiap kelompok mempresentasikan data yang diperolehnya dan mengkaitkan dengan data indikator gambar tadi. Kemudian melakukan diskusi dan tanya jawab singkat.

7. Salah satu perwakilan dari setiap kelompok menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah diberikan.

8. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang telah menyampaikan kesimpulannya dan mengklarifikasi kesimpulan yang tidak sesuai tujuan.

9. Siswa mengumpulkan LKS.

1x 50 menit


III.

Penutup






1. Guru meriview materi dengan memberikan kuis.

2. Siswa mengisi kuis

3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk persiapan pembelajaran pertemuan selanjutnya.

4. Siswa bersiap untuk pulang dan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.

5. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk terus semangat dalam belajar.

1 x 15 menit




J. Media dan Sumber Belajar :

Media : laptop, infokus, alat tulis dan video

Sumber : Buku IPA kelas VIII, data hasil percobaan, buku paket SMP dan LKS



K. Penilaian :

1. Kuis = 30 %

2. Tugas = 30 %

3. Keaktifan = 20 %

4. Sikap = 10 %

5. Absensi = 10 %

Soal penilaian kognitif (Kuis)

1. Jelaskan perubahan kimia dan fisika pada air yang tercemar ?

2. Apa dampak pencemaran air terhadap lingkungan?

3. Jelaskan pengaruh suhu terhadap lingkungan airdan makhluk hidup ?

4. Sebutkan solusi apasaja yang mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pada permasalahan pencemaran air !



5. Bagaimanakah peran air interaksi makhuk hidup dan lingkungannya?

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kiri kanan home